Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jamaah Haji Agar Terhindar dari Gangguan Jantung


Cardiovascular atau gangguan jantung mendominasi jumlah jamaah wafat. Berdasarkan data Siskohat Kesehatan terhitung hingga 18 Agustus, delapan dari 10 jamaah wafat disebabkan penyakit cardiovascular.
Penghubung Instansi Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Makkah, Ramon Andreas, mengatakan faktor keletihan menyumbang sebagai penyebab terjadi gangguan jantung. Berikut tips agar jamaah terhindar dari gangguan jantung.
Pertama, kata Ramon, kalau ada obat jantung yang mesti rutin diminum. Jamaah diharap jangan sampai telat atau bahkan lupa meminumnya. Kedua, jamaah diminta untuk istirahat yang cukup. Jamaah diharap memaksakan diri hanya karena alasan mumpung berada di Tanah Suci.”Istirahat yang cukup. Tidur tidak harus delapan jam, enam jam juga cukup,’’ katanya. ‘’Yang penting, ketika bangun, badan sudah segar.”
Ramon juga menyarankan jamaah untuk tidak berada di ruang terbuka guna menghindari serangan panas cuaca Arab Saudi yang kini mencapai 42 derajat celcius pada siang hari. Keempat, jamaah diminta menjaga asupan makanan dan minum air putih minimal dua liter per hari. "Jangan minum soda atau minuman berasa,’’ katanya.
Terakhir, Ramon berpesan agar jamaah bisa menjaga irama jantung tetap stabil. Caranya, jamaah jangan memaksakan diri ketika sudah merasa letih atau tidak mampu. Jamaah diminta beristirahat agar jantung tidak dipaksa bekerja.


Post a Comment for "Tips Jamaah Haji Agar Terhindar dari Gangguan Jantung"